RTFM!

RTFM adalah singkatan dari Read The F*ckin’ Manual! Frasa ini dulu pertama kali saya temui saat sering berselancar di forum-forum hacking, kala seorang newbie bertanya mengenai sebuah masalah mengenai penggunaan tools atau program atau hardware yang sejatinya sudah tercantum solusinya dalam manual/guideline/panduan. RTFM merupakan bentuk kegemasan sekaligus keheranan akan minimnya upaya untuk memahami panduannya terlebih dahulu baru bertanya apabila masih belum ketemu solusinya.

Keengganan untuk membaca manual juga menjangkiti saya dan hampir saya bertanya kemana-mana. Jadi ceritanya saya sedang dalam proses migrasi salah satu project situs saya di Fiskus.ID.

Sebelumnya Fiskus.ID saya host pada layanan managed wordpress hosting yang disediakan oleh WPOven.Provider ini berbasis di India, tepatnya Kalkutta kalau tidak salah. Setahun lebih beberapa bulan saya menikmati layanan mereka, kini tiba saatnya untuk menasionalisasikan project ini kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Maka saya siapkanlah environment cloud melalui layanan KilatIron. Layanan ini adalah kerjasama antara CloudKilat dengan Jelastic yang menghasilkan produk SaaS. Saya memilih CloudKilat karena saya pernah merasakan support yang bagus saat menjadi klien shared hostingnya, dan Jelastic merupakan nama besar di dunia perserveran.

Nah pengalaman terakhir migrasi project ke Jelastic adalah saat migrasi UkhtiShalihah.ID yang menggunakan platform CPanel, sedangkan saat ini saya tidak mengetahui platform apa yang dipakai oleh WPOven (sepertinya plesk). Saat itu saya menggunakan plugin wordpress All In One Migration, kali ini dengan plugin yang sama dengan pedenya saya lakukan tahap demi tahap migrasinya. Setelah selesai, saya cek struktur website intact, saya menghela nafas dan berpikir semuanya selesai saat itu juga.

Beberapa hari kemudian, rekan admin Fiskus.ID bilang melalui grup WhatsApp kalau semua tautan eksternal (public accessible) menghasilkan error 404. Saya pikir, “Ah, palingan masalah permalinks aja ini.”. I was wrong!

Ternyata migrasi

Mungkin kalau jaman now, RTFM sudah bergeser menjadi RYGR, alias Read Your Googling Results!

Dimas Iwandanu
Dimas Iwandanu on EmailDimas Iwandanu on FacebookDimas Iwandanu on GoogleDimas Iwandanu on Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *