Berkenalan dengan OSINT

OSINT atau singkatan dari Open-Source Intelligence adalah kegiatan mengumpulkan dan mengorelasikan informasi yang bersifat open source (sumber yang terbuka) seperti Google, Wikipedia, YouTube, Blog, media sosial dan masih banyak lagi. Definisi OSINT menurut US DoD adalah ‘Informasi yang tersedia untuk umum yang dikumpulkan, dieksploitasi dan disebarluaskan tepat waktu’. OSINT ini sendiri pada awalnya memang sering digunakan oleh intelijen untuk mencari informasi informasi yang nantinya dianalisis. Namun dari semua informasi yang ada di surface web seperti Google, Bing, Yahoo, dan Yandex itu hanya 5% saja yang terindeks oleh mesin pencari dan 95% informasi lainnya ada di Deep Web dan Dark Web, yaitu bagian terdalam internet yang tidak dapat diakses secara ‘normal’ sebagaimana surface web. Di Deep Web ada banyak informasi seperti perdagangan narkoba, senjata ilegal, informasi rahasia, dan masih banyak lagi. Metode dan cara untuk dapat mengakses bagian terdalam internet ini nanti kita bahas di postingan tersendiri saja ya.

Kembali ke OSINT, informasi yang telah dikumpulkan harus di analisis untuk mengetahui apakah informasi yang telah terkumpul itu valid atau tidak, karena ini adalah bagian terpenting dalam melakukan Information Gathering alias pengumpulan infromasi.

Di era digital yang sekarang ini informasi privat bukan lagi privasi, media sosial memberikan banyak sekali informasi pribadi, seperti nomor telepon, email dan lain sebagainya; baik yang di-publish secara sadar ataupun tidak oleh penggunanya. Jadi seseorang dengan tidak terlalu rumit dapat melacak keberadaan orang tertentu.

Semua orang bisa mempelajari teknik OSINT ini, karena ada banyak tools pendukung untuk memudahkan seseorang belajar OSINT, dan mungkin nanti saya akan membahas bermacam-macam teknik OSINT yang sering saya gunakan baik dalam urusan kedinasan maupun non-kedinasan kepada kalian. Tools hanyalah alat, yang lebih penting adalah man behind the gun-nya. Selama kita tahu apa yang akan kita tuju, jalan menuju kesana dapat ditempuh dengan berbagai cara.

Mungkin ini saja pengantar singkat dari OSINT, semoga sabar menanti artikel lebih lengkapnya. ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *