Why WordPress?

Banyak yang nanyain, kenapa selalu merekomendasikan WP sebagai platform blogging? So, here they are: 5 Reasons Why I Love WordPress…..
1. It’s Free

Alasan utama tentu saja karena WordPress (WP) harganya gratis (bayar hostingan sama domainnya doang). You pay nothing buat scriptnya. Bahkan bila males nyari hostingan sama domain, WP provide them for free di wordpress.com.
2. Plugin dan theme/template yang buanyak

Did you notify the ‘u’ on the word ‘buanyak’? Itu adalah hiperbola dari ‘banyak’ dalam aksen jawa. And it’s trully is. WP merupakan salah satu CMS dengan plugin terbanyak. Terdapat lebih dari 2.500 theme dan 30.000 plugin yang bisa kamu gunakan untuk menambah fitur dan tampilan blogmu. Artinya apa? Versatility! Kamu bisa jadikan WP sebagai apapun yang kamu butuhkan. Kamu pengen punya Booking Site atau Event Management, ada pluginnya. Pengen punya toko online bisa pake plugin WooCommerce. Kamu pengen jadiin situsmu sekedar landing page pun ada plugin dan themenya.
3. Easy to Learn

Sampai saat post ini di-publish, WP versi terbarunya saja (4.6) telah diunduh sebanyak 19.093.707 kali. Dan menurut survey di W3Techs, WP memiliki pangsa pasar 26.7% dari semua situs di web. It means that so many experiences out there, jadi lebih gampang nanya-nanya klo ada masalah. Pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman orang lain adalah guru termurah. Selain itu, terkait alasan nomor 1, calon penggila WP bisa ‘latihan’ dulu di wordpress.com buat membiasakan dengan tampilan WP.

4.  Search Engine Friendly

WP dibuat dalam struktur kode yang rapih, dengan standar yang tinggi, dan semantic mark up yang baik sehingga memudahkan mesin pencari dalam mendatanya. Artinya apa? Search engine seperti Google atau Bing akan dengan senang hati memasukkan situs kita dalam database mereka.  Dengan begitu situs kita akan lebih mudah dicari dan ditemukan.

5. Mudah dikelola

WP dengan sekian banyak theme dan plugin tidak akan sulit di-manage. Untuk pembaruan plugin dan theme tinggal klik tombol di Dashboard. Bahkan untuk pembaruan inti WP nya sendiri juga cukup klik sebuah tombol, dan prosesnya akan berjalan otomatis. Di beberapa penyedia hosting malah ada fitur untuk otomatis menjalankan pembaruan saat ada versi barunay tanpa campur tangan pengguna sama sekali.

 

That’s it, 5 Reasons Why I Love WordPress as my blogging platform. Tentu saja WP ini ada kekurangannya, namun akan diulas dalam post selanjutnya. Stay tuned folks!

Dimas Iwandanu
Dimas Iwandanu on EmailDimas Iwandanu on FacebookDimas Iwandanu on GoogleDimas Iwandanu on Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Denting

10/10/2016