Rebranding AmanaHOSTING

Semenjak AmanaHOSTING didirikan tanggal 4 Februari 2012, brand ini telah mengalami pasang surut layanan sebagai penyedia layanan hosting dan domain. Meskipun telah melayani ratusan klien dan mendaftarkan ratusan nama domain, jangkauan layanan AmanaHOSTING masih terbatas pada jejaring sosial terdekat foundernya. Domain .com bahkan sempat di take-over oleh pihak lain gegara kelalaian founder memperpanjang pendaftaran nama domain (that’s why right now AmanaHOSTING.com will be expired on year 2020).  Dengan layanan yang terbatas, memaksimalkan support adalah pilihan terbaik. AmanaHOSTING memberikan tehnical support secara cuma-cuma, baik berupa instalasi CMS, migrasi server, migrasi konten, bahkan konsultasi SEO (Search Engine Optimization).

Beberapa minggu ini AmanaHOSTING sedang dalam proses rebranding. Setelah lebih dari tiga tahun melayani kalangan terbatas, sudah saatnya AmanaHOSTING berevolusi dan mulai mengembangkan sayapnya di jagad perhostingan di Indonesia. Tak hanya perubahan visual, pada sisi backend juga mengalami perombakan besar-besaran.

Pada sisi visual, perubahan logo dilakukan dengan bantuan profesional. Logo yang selama ini dipakai, yang merupakan buah karya sendiri dengan minim kreatifitas dengan clip-art feel yang masih sangat kentara, akan digantikan oleh logo baru yang lebih simple namun fresh. Logo baru ini didesain oleh kawan-kawan di Aube Graphic Design yang berlokasi di Bandung.

Dari sisi teknis, perubahan insfrastruktur dilakukan dengan pengalihan  datacenter, penambahan backup server, mulai menggunakan self-managed VPS untuk beberapa kebutuhan dan sejenak melirik cloud hosting sebagai milestone AmanaHOSTING berikutnya. Lokasi datacenter masih mengoptimalkan dua titik saja, di US dan Indonesia, mengingat sebagian besar kebutuhan klien berada pada dua spot tersebut.

AmanaHOSTING kedepan juga akan lebih fokus pada niche dakwah online, dimana AmanaHOSTING telah menyatakan dalam visinya bahwa AmanaHOSTING ingin menjadi pendukung utama gerakan dakwah online dalam rangka syi’ar agama Islam. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan yang terjangkau bagi para aktivis dakwah untuk meng-online-kan aktivitas mereka. Selain itu juga dengan memastikan konten yang dapat dimuat dalam server AmanaHOSTING adalah konten yang sesuai dengan syariah.

 

Migrasi direncanakan akan dimulai pada minggu ketiga Juni, dan diharapkan selesai sebelum  Idul Fitri tahun ini. Jadi ada kemungkinan munculnya gangguan layanan pada saat migrasi dilakukan. But don’t worry, everything will be better when it’s done. 

Bismillah…..

Dimas Iwandanu
Dimas Iwandanu on EmailDimas Iwandanu on FacebookDimas Iwandanu on GoogleDimas Iwandanu on Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seri Tips #1

11/06/2015